Mengaktifkan Fungsi Macro

admin howto-123.com on March 8th, 2013

belajar macro 001 - macro security Bagaimana mengaktifkan fungsi macro di excel 2010?  Pertanyaan ini pasti akan muncul ketika kita baru pertama kali menjalankan file yang berisi kode macro atau pertama kali kita belajar macro.

Beberapa rekan yang dikirimin file macro juga sering bertanya, “Kenapa file macro-nya ngga bisa dibuka di komputer saya?”

Di artikel berikut ini akan dijelaskan panduan untuk mengaktifkan fungsi macro tersebut. Untuk mengaktifkannya ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama, buka file excel yang ada di dalam kumpulan program komputer, kemudian bagian atas ada beberapa menu seperti File, Home, Insert dan seterusnya. Klik menu FILE tersebut, kemudian di bawah menu yang tampil tersebut, di bagian bawah akan ada teks Options, seperti yang ditunjukan pada gambar di samping ini. Tunggu beberapa saat akan tampil windows baru. Ikuti langkah selanjutnya.

belajar macro 002 - fungsi macro Kemudian klik menu Trust Center, seperti yang ditunjukkan pada gambar di samping ini.

 

 

 

 

 

 

 

belajar macro 003 - macro security Setelah itu klik tombol Trust center settings seperti yang ditunjukkan pada gambar di samping.

 

 

 

 

 

 

 

belajar macro 004 - macro security Di sidebar sebelah kiri, ada menu Macro Setting pastikan pilih setting keempat, Enable all macro (not recommended; potentially dangerous code can run).

Di bagian bawahnya juga aktifkan Developer Macro Settings, kemudian check list pilihan Trust access to the VBA project object model.

 

 

Sampai langkah ini, kita sudah dapat mulai membuat prosedur macro atau mencoba code macro yang ada di blog ini. Macro yang kita buat ini, nantinya dapat digunakan melalu bahasa VBA atau Visual Basic. Eits, jangan ciut dulu denger bahasa pemograman. Nanti akan saya coba dengan tahapan yang sederhana dan mudah untuk dipelajari. Semakin besar pemahaman anda tentang bahasa VBA maka semakin banyak dan canggih pula prosedur atau perintah-perintah fungsi excel macro yang dapat anda buat untuk memudahkan perkerjaan anda dengan Microsoft Excel.

Sampai saat ini fungsi macro yang ada di komputer kita, mestinya sudah siap menjalankan script atau code macro yang nantinya insya Allah tidak hanya bermanfaat untuk kita, tapi teman-teman kita yang lain. Monggo kalau bermanfaat, silakan disharing :) .

Incoming search terms:

  • fungsi macros
  • fungsi MACRO
  • fungsi macro pada excel
  • fungsi macro pada microsoft access
  • kegunaan macro excel
  • kegunaan macros
  • fungsi macro di excel
  • fungsi macro pada access
  • fungsi macros pada excel
  • fungsi macro excel 2007

Tags:

2 Responses to “Mengaktifkan Fungsi Macro”

  1. [...] Untuk dapat mengikuti panduan ini, disarankan mengikuti panduan excel macro dan mengaktifkan fungsi macro [...]

  2. [...] di artikel selanjutnya dalam situs ini akan dilengkapi dengan daftar singkat code excel macro untuk berbagai kebutuhan mengolah [...]

Leave a Reply