jaringan lan

Jaringan LAN (Network Area Network)

1. LAN (Local Area Network)

 jaringan lan

jaringan lan

jaringan lan, Local Area Network biasa disingkat lan adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya dapat mencakup wilayah kecil , seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Ethernet mengguunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s, Selain teknologi 802.11b (atau biasa disebut wi-fi )juga sering digunakan untuk membentuk LAN.

Seorang pengguna juga dapat berkomunikasi yang sesuai. Berbeda dengan jaringan area luas atau Wide Area Network (WAN) , maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  1. Mempunyai pusat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jaringan telekomumnikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

jaringan lan, Biasanya salah satu komputer diantara komputer diantara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem didalam jaringan tersebut.

Prinsip kerja Local Area Network
      jaringan lan, Prinsip kerja LAN , LAn yang dapat didefinisikan sebagai network atau jaringan sejumlah kompuetr yang lokasinya terbatas didalam satu gedung.

Adapun pengguna LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan. Kerja sama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan data hingga penggunaan peralatan secara bersama. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast , dan jga karena hub hanya memiliki satu domain collisoin sehingga bila salah satu port sibuk maka port port yang lain harus menunggu. itulah kelebihan dan kekuarangan jaringan LAN.

Alat untuk membangun sebuah jaringan LAN

  1. Router
    Router adalah jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam kasus ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN.
  2. Switch
    Berbeda dengan router, switch berfungsi untuk menghubungkan masing – masing komputer pada sebuah jaringan LAN.
  3. Ethernet Card
    Ethernet Card adalah sebuah adapter untuk menghubungkan kabel ethernet sehingga komputer bisa tersambung menuju jaringan . Biasanya, pada komputer kompuetr baru kartu ini telah disematkan secara onboard sehingga anda tidak perlu untuk membeli lagi.
  4. Peralatan Lain
    Crimping Tool, LAN Tester, Gunting, Multimeter.
    Crimping Tool digunakan untuk menyambungkan RJ-45 dengan kabel ethernet kemudain lan tester digunakan utnuk mengecek kualitas kabel itu sudah benar atau belum.

Mengaktifkan Internet Conneting Sharing

jaringan lan, ICS bertujuan untuk membagikan koneksi internet k0mputer host menuju komputer lain. Untuk mengaktifkan ISC berikut langkah – langkahnya.

1. Buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change adapter Center.

2. klik Kanan pada koneksi LAN, klik Properties.

3. klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPV4) atau Internet Protolcol Version 6 (TCP/IPV6), kemudian pilih             properties.

4. klik Obtain an IP address automatically atau Obtain an IPv6 address automatically.

“Happy people is not a great man in every way, but one that can find simple things in life and give thanks diligent.”

jaringan lan, Jika Ingin Lengkapnya dan detailnya kunjungi saja link ini : https://id.wikipedia.org/wiki/LAN

Jika kalian ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang Jaringan LAN klik link dibawah ini

http://howto-123.com/1875-cara-membuat-kabel-lan.html

Incoming search terms:

  • sistem kerja Local Area Network

Leave a Reply